6 Manfaat Mendengarkan Musik Cadas

                                                           Hell on Eart @Cepu-Blora
Banyak orang beranggapan bahwa musik-musik cadas atau underground memiliki efek buruk kepada
tubuh. Meski demikian, ternyata justru memiliki banyak manfaat bagi mood dan mental, menurut penelitian yang dilansir Sciencedaily, melibatkan 1.057 siswa berusia 11 sampai 18 tahun dari sekolah National Academy di Amerika, musik cadas memiliki efek baik seperti:
  1. Memperbaiki mood
Banyak sekali tipe musik cadas, ada hardcore, punk, metal, thrash dan musik-musik ini dapat memperbaiki mood saat seseorang sedang mengalami tekanan dikarenakan temponya yang cepat sehingga mengobarkan semangat dalam diri pendengar. Namun, pemilihan jenis musik adalah hal yang utama karena saat mood kita kurang baik ditambah mendengarkan musik yang kurang kita sukai dapat berakibat mood semakin memburuk.
  1. IQ meningkat
Dikarenakan perasaan yang tidak tertekan  karena emosi teredam dengan hobi tadi, perkembangan IQ dan imajinasi meningkat. Bahkan dari hasil penelitian ini, mahasiswa penikmat musik keras ini memiliki nilai diatas rata-rata dan tidak kalah pintar dengan mahasiswa yang menikmati musik pop, jazz, dan blues.
  1. Menurunkan potensi bunuh diri
Musik cadas membuat penikmatnya melepaskan depresi karena musiknya yang bertipikal menurunkan perasaan tertekan. Musik ini menurunkan tingkat kecemasan juga.
  1. Menunjukkan kekuatan pemimpin dan mandiri
Orang-orang yang memilih musik keras sebagai seleranya cenderung lebih menunjukkan sikap pemimpin karena mereka biasanya memiliki sikap individual yang tinggi, oleh karena itu, mereka lebih mandiri untuk memanajemen hidupnya sendiri. mereka juga cenderung berani dalam mengambil keputusan dan berani bertanggungjawab karena mereka bisa berpikir dengan cara yang berbeda dari orang lain.

      5.  Dapat mengendalikan emosional
Orang-orang yang mendengarkan musik cadas biasanya cenderung lebih bisa mengontrol emosinya, bahkan dapat meningkatkan perasaan yang lebih dewasa dibandingkan dengan orang yang kuper justru lebih tinggi tingkat emosinya.

      6.  Lebih bahagia
Penikmat musik keras ini justru lebih bahagia, kenapa? karena hentakan musik yang keras dapat melepaskan penat dalam masalah pribadi.
Dengan adanya penelitian ini, maka terbuktilah bahwa tidak ada musik yang tidak berguna bagi manusia. Setiap manusia memiliki seleranya sendiri dan jenis musik mereka menunjukkan bagaimana mereka dalam kehidupan sehari-hari.
Nah, tak ada alasan lagi menganggap aneh orang-orang yang menyukai jenis musik tersebut, bukan?

Sumber:
Deven Febri Anugrah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Mendengarkan Musik Cadas"

Post a Comment